Thailand sudah dipastikan menggelar 1 seri WSBK tahun depan

Hola masbro & sista,

Hari senin kemarin (10 November 2014), Dorna (penyelenggara MotoGP dan WSBK) dan FIM telah mengumumkan akan menggelar salah satu seri balapan World Superbike (WSBK) di sirkuit Internasional Chang, Thailand. Seri WSBK tahun depan akan dihelat di Thailand pada 20-22 Maret 2014, dengan durasi kontrak selama 3 tahun.

Chang International Circuit

Chang International Circuit

Prosedur homologasi pun sudah disetujui oleh FIM dan Dorna, sehingga dari sisi teknis sirkuit ini sudah layak menggelar balapan tersebut.

Sirkuit Chang sendiri memiliki panjang 4,554 Km dan 12 tikungan yang berkarakter high-speed. Terakhir, sirkuit ini suskes menggelar balapan Super GT yang dipenuhi sampai 131 ribu penonton.

Iri melihat Thailand saja yang penjualan sepeda motornya tidak sampai setengahnya Indonesia namun mampu menarik penyelenggara balap motor dunia. Sebenarnya Indonesia punya potensi besar untuk membuat sirkuit yang tak kalah bagus dengan Thailand. Salah satu sirkuit yang sudah ada seperti Sentul juga bila dilakukan pembenahan serius pasti dapat menggelar balap berskala besar internasional. Tinggal bagaimana pihak pemerintah bisa merangkul swasta untuk membenahi fasilitas yang kita punya.

Semoga saja Indonesia akan dapat menggelar MotoGP dan WSBK suatu saat. Dulu 1997 Sentul pernah menggelar GP500, jadi kenapa tidak kita ulang lagi hal itu?

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s