Yamaha R7, mengenang masa singkat sang monster buas

Hola masbro & sista,

Mungkin dibanding keluarga R-series Yamaha lain, nama R7 tidak begitu sering kita dengar.

Yamaha R7 (1)

Yamaha R7 (1)

Namun kalau kita menyaksikan atau mengikuti seri World Superbike era akhir 90 sampai awal 2000 maka kita akan tahu Yamaha R7. Berbeda dengan seri R lain di keluarga YZF, R7 sepertinya ‘hanya’ diproduksi untuk keperluan balap. Memang motor berkode OW-02 ini hanya diproduksi 500 unit pada awalnya untuk memenuhi homologasi motor produksi massal untuk bertarung di balapan WSBK saat itu.

Motor ini sendiri diproduksi antara tahun 1999-2002. Saat itu balap WSBK mengadu motor 1000 cc v-twin dengan 750 cc 4 cylinder. Dimana motor v-twin saat itu seperti Ducati 996 dan Honda VTR-SP1 sangat mendominasi. Maka Yamaha akhirnya memproduksi secara terbatas R7 dengan basis rangka motor balap YZR500. Bayangkan saja, mesin 749 cc 4 cylinder DOHC dengan 5 valve per cylinder (total 20 valve) dan menghasilkan power 139 HP, bobot motor ini hanya 162 kg!

Dikendarai oleh pebalap berbakat Noriyuki Haga, saat itu R7 sanggup meladeni mesin besar v-twin 1000 cc dan memenangi beberapa seri WSBK, walaupun belum sempat merasakan juara dunia. Bahkan motor ini sempat dijuluki ‘motor monyet’, karena sempitnya area tempat duduk untuk pembonceng sehingga pembonceng seolah-olah bukan duduk namun bergelantungan di buntutnya, haha…

Yamaha R7 (2)

Yamaha R7 (2)

Yamaha R7 (3)

Yamaha R7 (3)

Yamaha R7 (4)

Yamaha R7 (4)

Yamaha R7 (5)

Yamaha R7 (5)

Namun kiprahnya akhirnya digantikan oleh R1 sejak WSBK merubah formatnya dengan membolehkan mesin 4 cylinder 1000 cc berpartisipasi. Dalam kiprahnya yang singkat R7 memang sempat mencuri perhatian para penggila balap dengan kebuasannya. Sayang memang motor ini tidak banyak diproduksi, karena itulah peredarannya lumayan langka.

Saat ini mungkin R1 baru akan mencoba menggantikan sang monster R7 yang memang dilahirkan di track, sama seperti R1 baru yang dikembangkan oleh Valentino Rossi di track pula. Walaupun belum pasti apakah Yamaha akan turun full-season di WSBK tahun depan, namun R1 baru akan turun di AMA Superbike dengan pebalap Josh Hayes. Kita tunggu saja masbro & sista.

Semoga bermanfaat.

Iklan

4 thoughts on “Yamaha R7, mengenang masa singkat sang monster buas

  1. liat video, aslinya emang keren bro nih motor, minusnya paling model buntut sama head lampnya, selebihnya desainnya keren.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s