Mengupas electronic feature YZF-R1 2015, canggih dan lengkap

Hola masbro & sista,

Yamaha baru saja meluncurkan All New YZF-R1 di EICMA Milan beberapa waktu lalu. Dengan perubahan total, R1 baru ini dikembangkan langsung oleh legenda MotoGP Valentino Rossi. Input dari Rossi jelas sangat mempengaruhi performa dari R1 baru, sehingga memiliki performa mesin dan handling yang sangat baik di kelasnya. Dengan tambahan fitur electronic yang lebih lengkap, mari kita lihat apa saja yang dimiliki oleh R1 2015.

Yamaha YZF-R1 2015

Yamaha YZF-R1 2015

Yamaha menyatakan bahwa R1 baru memiliki fitur “six axis of measurement” yang diklaim terlengkap saat ini. Six axis of measurement ini diolah oleh yang disebut Inertial Measurement Unit (IMU) yang terkomunikasi dengan Yamaha Ride Control (YRC).

Fitur YRC sendiri meliputi : Power Delivery Control, Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System, Launch Control System dan Quick Shift System. Dimana kesemuanya pengaturan ini dapat kita simpan dalam mode preset, mantap!

Yamaha Ride Control (YRC) YZF-R1 2015

Yamaha Ride Control (YRC) YZF-R1 2015

Bagaimana penjelasan dari fitur-fitur ini, mari kita simak.

1. Power Delivery Mode (PWR)

Sama dengan “D-mode” system pada model sebelumnya. Dimana rider bisa memilih 4 tingkatan bukaan throttle valve yang berhubungan dengan derajat bukaan grip gas, sehingga rider dapat memilih sesuai kondisi berkendaranya.

2. Variable Traction Control System (TCS)

Dengan mengkalkulasikan derajat kemiringan serta putaran roda depan dan belakang, maka akan memberikan masukan kepada sistem pengaturan saat menikung agar tidak terjadi putaran roda belakang berlebih yang dapat mengakibatkan spin. Memiliki pilihan “Off” dan 1-9 tingkat TCS rider dapat menyesuaikan dengan kebutuhan gaya berkendaranya.

3. Slide Control System (SCS)

Pertama diaplikasikan di motor produksi Yamaha, dan diturunkan langsung dari M1. Dari data yang diolah IMU, fitur ini membaca saat rider akan mengalami slide akibat derajat menikung yang berlebih atau berakselerasi saat menikung, maka SCS akan mengontrol power engine di roda agar tidak terjadi slide. Terdapat 4 pilihan mode, Off dan 1-3.

4. Lift Control System (LIF)

IMU akan membaca saat berakselerasi maka akan terjadi wheelie (roda mengangkat), fitur ini akan mengontrol power engine agar wheelie berlebih yang tidak terkontrol bisa dihindari. Terdapat 4 pilihan mode, Off dan 1-3.

5. Launch Control System (LCS)

Fitur ini akan membatasi putaran mesin sampai 10,000 RPM saat membuka gas penuh saat start. Dikombinasikan dengan TCS dan LIF untuk memaksimalkan akselerasi saat start. Terdapat 3 pilihan mode, Off dan 1-2.

6. Quick Shift System (QSS)

Sama dengan fitur Quick Shifter, dimana ECU akan memutus pengapian sepersekian detik saat pindah gigi, sehingga perpindahan gigi lebih halus dan cepat. Tentu saja fitur ini telah disempurnakan oleh Yamaha dengan adanya IMU yang memberikan input saat perpindahan gigi. Seperti M1 yang sudah menggunakan Seamless Gearbox. Terdapat 3 pilihan mode, Off dan 1-2.

Yamaha YZF-R1 2015 chassis

Yamaha YZF-R1 2015 chassis

Bagaimana masbro & sista, sangat lengkap bukan fitur Electronic Control dari R1 baru ini. Tidak salah memang, dengan power mencapai 200 HP, maka diperlukan fitur canggih agar power dapat tersalur sempurna selain mendapatkan handling yang superior.

Semoga bermanfaat.

Iklan

4 thoughts on “Mengupas electronic feature YZF-R1 2015, canggih dan lengkap

  1. Rossi mengatakan bahwa elektronik New R1 bekerja lebih “natural” dan “easier” , ane kurang begitu paham apa maksud perkataan dia ini, mungkin maksudnya elektroniknya tidak mengintervensi/mengkebiri skill dari rider itu sendiri, jadi rider tetap bisa ngegas secara “normal” CMIIW.

    Suka

    • Betul masbro, saya juga sependapat mungkin dengan fitur electronic yang dibuat beberapa tingkatan (level) membuat rider bisa menyesuaikan dengan gaya riding dan mendapatkan feeling lebih terhadap motor… πŸ˜€

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s