Fitur Immobilizer untuk R25 siap tahun depan

Hola masbro & sista,

Sedikit informasi nih, mengenai salah satu fitur untuk meningkatkan keamanan kendaraan kita, yaitu Immobilizer key. Saat ini Yamaha YZF-R25 belum dilengkapi fitur pengaman kunci seperti secure key shutter, namun hanya mengandalkan kunci kontak model konvensional. Hal ini tentu saja mengurangi tingkat keamanan motor dari tindak pencurian. Apalagi R25 adalah motor yang sedang booming dan harga yang masuk premium masbro & sista, 54 juta rupiah (wilayah Kaltim).

Kunci kontak R25

Kunci kontak R25

Pada saat event Yamaha ASEAN Cup Race minggu (07/12/14) kemarin, di salah satu stand dipajang R25 yang sudah mengaplikasikan fitur Immobilizer.

Seperti dilansir Kompas berikut,

Yamaha menunjukkan teknologi immobilizer yang berguna meningkatkan keamanan sepeda motor konsumen dari aksi kejahatan pencurian. Singkatnya, sepeda motor tidak bisa distater tanpa kunci asli yang telah dilengkapi dengan transponden yang tertanam di anak kunci. Jika sepeda motor tetap dinyalakan dengan kunci duplikat, mesin tidak bisa menyala, dan beberapa detik menyusul alarm peringatan yang menarik perhatian orang sekitar.

Alat ini terdiri dari serangkaian kabel yang terkoneksi pada kabel starter dan modul khusus. Anak kunci akan memperoleh transmiter khusus yang didesain apik seolah menyatu. Sedangkan rumah kunci, dipasang transponden yang menerima sinyal dari transmiter di anak kunci, sehingga modul mengenali kunci itu asli, dan mesin bisa hidup.

Sistem ini belum dijual resmi di pasar, tetapi Yamaha akan memawarkannya dalam fitur tambahan dengan tambahan biaya tertentu mulai tahun depan (2015). Soal harga, juga masih belum ditentukan.

Immobilizer R25 (1)

Immobilizer R25 (1)

Immobilizer R25 (2)

Immobilizer R25 (2)

Namun berdasarkan informasi diatas berarti Yamaha belum akan memasukkan fitur ini dalam paket pembelian R25 standar. Artinya konsumen akan dikenakan biaya untuk menambah fitur ini. Sayang sekali memang masbro & sista, seandainya YIMM mau langsung menanamkan fitur ini, konsumen tidak akan direpotkan dengan memasang Immobilizer sendiri. Sayang sekali lagi, hehe…

Semoga bermanfaat.

Iklan

11 thoughts on “Fitur Immobilizer untuk R25 siap tahun depan

  1. Kang Salam kenal. untuk wilayah samarinda immobilizer apa sudah ada? bagaimana dengan menggunakan remote alarm system + wireless starting apakah ada merk yang recomended?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s