Fungsi protector pada motor, mengurangi dampak crash

Hola masbro & sista,

Kita tahu, ada beberapa part variasi yang biasa dipasang di motor yang berfungsi untuk melindungi motor dari benturan atau dampak parah ketika jatuh. Contohnya saja frame slider yang berfungsi melindungi body samping motor, exhaust slider untuk melindungi knalpot, proguard untuk mencegah handel rem/kopling patah atau tertekan saat jatuh, axle slider, dan sebagainya.

Frame slider

Frame slider

Nah, pada saat trackday hari minggu kemarin kebetulan saya crash di tikungan pertama setelah trek lurus Sirkuit Kalan, hehe… (malu)

Crash low-side, karena menikung terlalu rebah, motor kehilangan grip ban dan langsung ndlosor masbro & sista. Motor terseret sekitar 5 meter. Awalnya saya menyangka bakal rusak parah akibat jatuh. Tapi saat saya hampiri dan dirikan, ternyata hanya lecet sedikit, saya start dan langsung melaju lagi selama beberapa lap, hehe…

Berikut beberapa bagian yang lecet masbro & sista,

Lecet (1)

Lecet (1)

Bagian samping lampu depan lecet, namun tidak begitu tampak. Proguard yang melindungi handle rem depan terlihat lecet namun handle rem tidak patah atau bengkok, aman.

Lecet (2)

Lecet (2)

Body (fairing) samping aman, hanya frame slider yang terbuat dari mounting baja dan slider teflon terlihat tergerus parah bagian slidernya, fungsinya melindungi body benar-benar maksimal.

Lecet (3)

Lecet (3)

Knalpot tidak penyok, pecah, patah atau bengkok. Hanya lecet sedikit di bagian silencer dan pipanya, sama sekali tidak mempengaruhi kekuatan dan performanya. Terlihat exhaust slidernya tergerus, mampu melindungi knalpot dari kerusakan parah, mantap.

Sekarang kita tahu fungsi dari beberapa part protector pada motor tersebut, dan terbukti mampu mengurangi dampak ketika crash / jatuh. Modifikasi motor bukan hanya mempercantik tampilan, sebaiknya perhatikan pula fungsi dan aspek safety saat kita memilih part modifikasi masbro & sista.

Semoga bermanfaat.

Iklan

4 thoughts on “Fungsi protector pada motor, mengurangi dampak crash

  1. bro bagi rekomen bengkel buat pasang flame slider d samarinda dong brooo … maklum ane baru pertama bro megang moge … yang sip lah bro bengkelnya thanks before

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s