First ride & impression Kawasaki Ninja RR Mono, light ‘n impressive

Hola masbro & sista,

Saat sedang di lokasi kerja tadi siang saya menjumpai sesosok motor yang sempat membuat saya tertarik untuk meminangnya sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada Yamaha R25, hehe… Yup, Kawasaki Ninja RR Mono 250cc. Apa sih yang membuat saya tertarik dengan motor ini? Motor ini terlihat slim, kompak, namun memancarkan aura sporty. Itu kesan saya dulu saat motor ini baru dilaunching 2014 lalu, saat baru bersua hanya sekedar melihat tanpa test ride.

Kawasaki Ninja RR Mono

Kawasaki Ninja RR Mono

Sore tadi saya berkesempatan menjajal Kawasaki Ninja RR Mono milik seorang pekerja di perusahaan saya. Thanks to bro Adhly atas kesediaannya meminjamkan motornya untuk ditest ride sejenak.

Sebelumnya kita intip dulu spesifikasinya masbro & sista.

FRAME
Suspensi Depan 37 mm Teleskopik
Suspensi Belakang uniTrak-Swingarm
Rem Depan 290 mm disc
Rem Belakang 220 mm disc
Ban Depan 100/80-17M/C 52S
Ban Belakang 130/70-17M/C 62S
Panjang x Lebar x Tinggi 1,935 x 685 x 1,075 mm
Jarak Poros Roda 1,330 mm
Jarak ke Tanah 165 mm
Berat 151 kg
Kapasitas Bensin 11 liter
ENGINE
Tipe pendingin cairan, 4 tak single
Maksimum Power 28 PS/9,700 rpm
Torsi Maksimum 22.6 N.m / 8,200 rpm
Karburator fuel injection dia.38mm x 1
Diameter x Langkah 72.0 x 61.2 mm
Volume Silinder 249 cc
Valve System DOHC, 4 katup
Sistem Bahan Bakar injeksi
Sistem Pengapian Digital
Sistem Pendinginan Cair
Perbandingan Kompresi 11.3:1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 percepatan

Walaupun tenaganya ‘hanya’ 28 PS (dibanding Ninja 250 FI 32 PS), namun bobotnya ringan yaitu 151 kg. Saya sempat menjajal performa dan handling motor ini meskipun hanya di trek pendek terbatas, namun rasanya cukup untuk memberikan impresi.

Ergonomi

Duduk di motor ini dengan tinggi badan saya yang hanya 165 cm memang kaki jadi jinjit, sama seperti menunggangi R15, sedikit lebih bersahabat R25. Melihat posisi setang dibawah segitiga atas (underyoke) saya yakin bakal bungkuk nih.

Kawasaki Ninja RR Mono (1)

Kawasaki Ninja RR Mono (1)

Coba gapai setang, ternyata seperti menggapai setang milik R15, sudut tekukan setang pun terasa mirip R15. Paha menjepit tangki yang nampak seksi, nyaman, rasanya memudahkan manuver bila di track. Kaki diangkat di footstep, cukup baik mendukung posisi setang yang agak rendah, tapi bila dinaikkan dan mundur sedikit akan lebih agresif posisi berkendaranya. Area dashboard minimalis, dengan speedometer full digital mudah dimonitor.

Kawasaki Ninja RR Mono (2)

Kawasaki Ninja RR Mono (2)

Bobotnya saat diposisi diam sedikit lebih berat dari R15, saat sudah dibawa jalan enteng banget.

Handling

Sungguh, terbiasa bawa R25 yang handlingnya enteng dan lincah, saat bawa RR Mono saya merasakan feel yang mirip namun dengan situasi yang lebih awas dan sigap, lantaran posisinya yang lebih nunduk dibanding R25. Coba kelok-kelokkan motor ini ternyata enteng dan nurut. Suspensi depan dan belakang bawaan pabrik juga mendukung manuver, it’s really good for 250 motobike dude!

Kawasaki Ninja RR Mono (3)

Kawasaki Ninja RR Mono (3)

Kawasaki Ninja RR Mono (4)

Kawasaki Ninja RR Mono (4)

Performa

Kebetulan punya motor berkapasitas sama 250cc namun 2 cylinder, hehe… Ngga papa coba sebagai acuan menggambarkan performa si Mono. Pertama menyalakan mesinnya suara mesin dan knalpot halus. Ngga ada ngebass suara knalpotnya, terlalu senyap menurut saya. Getaran mesin cukup halus. Coba rasakan performanya dengan santai dulu, lumayan berisi tenaganya di putaran bawah sampai 6 ribuan RPM, pas buat santai di perkotaan tenaga bawahnya. Begitu dihentak, padat sekali akselerasinya. Rasionya rapat, membuat akselerasi seolah tak terputus. Bila dibandingkan R25 yang smooth putaran bawahnya, RR Mono bisa sedikit unggul disini. Namun untuk panjang nafas dan power atas, RR Mono jelas belum bisa mendekati R25, wajar karena perbedaan karakter 1 dan 2 cylinder. Namun harus saya akui performa RR Mono akan cukup memuaskan hasrat anda di track.

Tampilan

Secara desain keseluruhan saya menyukai tampilan motor ini. Konsep slim dan ringan memang diterjemahkan dengan baik oleh desainer Kawasaki di motor ini. Ramping namun gagah dan sporty terasa dari fairing sampai buritan yang pendek. Rangka model trelis tubular tampak gagah dan terekspos cukup baik. Untuk yang mempunyai jiwa muda dan sporty pasti suka modelnya (subjektif saya).

Kawasaki Ninja RR Mono (5)

Kawasaki Ninja RR Mono (5)

Overall, Kawasaki Ninja RR Mono yang diposisikan sebagai pengganti Ninja RR 150 2 tak sudah cukup mewakili garis keturunannya, walaupun dibuat dengan pendekatan yang lebih modern dan mengasyikkan. Ini cukup menyenangkan untuk dipakai harian, dan mengesankan untuk di track. Secara desain motor 250 cc yang menurut anggapan sebagian bikers adalah baby moge mungkin dimensi RR Mono kurang besar, tapi apa harus serba besar? RR Mono lebih dari cukup, akan memenuhi ekspektasi pecinta adu kebut, dan dengan desain yang menarik. Dengan harga 46 jutaan (di Kaltim) motor ini layak untuk dimiliki bila ingin merasakan feel agresif dan track addict.

Kawasaki Ninja RR Mono (6)

Kawasaki Ninja RR Mono (6)

Semoga bermanfaat.

Iklan

10 thoughts on “First ride & impression Kawasaki Ninja RR Mono, light ‘n impressive

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s