Review gears untuk Trackday, yang penting nyaman dan harus safety!

Hola masbro & sista,

Yah, salah satu hobi saya adalah trackday di sirkuit bersama teman-teman komunitas Speed Freak, hehe… Untuk menunjang hobi itu tentu dan wajib buat saya melengkapi gears (apparel) yang dipakai. Yang pasti adalah helm full-face, gloves, jaket / wearpack / body protector, dan sepatu. Nah kali ini saya akan coba review gears yang saya pakai untuk trackday. Harapannya bisa memberi referensi buat masbro & sista yang juga hobi ngebut di sirkuit (bukan di jalan raya).

Racing gears

Racing gears

Buat saya racing gears itu harus nyaman dipakai, tanpa mengurangi faktor pentingnya untuk safety kita saat di track.

Yang pertama kita bahas adalah helm. Helm yang saya gunakan yaitu KYT tipe C5. Helm ini sudah memiliki standar balap (SNELL), SNI, DOT, dan memiliki shape design yang cukup menarik buat saya. Busa dalam helm ini nyaman dan fit (saya pakai ukuran M). Sudah menggunakan pengikat model double d-ring. Kaca / visor yang sudah ready untuk pemasangan pinlock dan tear-off. Dengan harga 1,75 juta saya rasa helm ini sudah lebih dari cukup untuk trackday.

KYT C5 (1)

KYT C5 (1)

KYT C5 (2)

KYT C5 (2)

Untuk gloves saya menggunakan Alpinestar GP-pro. Sarung tangan ini nyaman dipakai, dengan proteksi cukup baik, seperti layaknya sarung tangan balap, walaupun tentu masih dibawahnya. Karena sarung tangan ini cukup baik juga bila digunakan untuk riding seperti touring.

Alpinestar GP-pro

Alpinestar GP-pro

Sepatu yang saya gunakan adalah Probiker Speed tipe B003. Sepatu buatan China ini mereplika dengan persis sepatu Forma Ice, termasuk fitur-fiturnya, namun dengan harga terjangkau, hanya 1,25 juta. Sepatu ini cukup nyaman dipakai, kokoh, dan masih fleksibel untuk bergerak. Kekurangan Speed buatan China ini hanya bagian ratchet belakang yang kadang suka kendor sendiri (tidak sampai lepas), walaupun tidak masalah dan mengganggu saat riding.

Probiker Speed B003

Probiker Speed B003

 

Untuk wearpack sendiri saya pesan custom di budiapparel.com (BeDa Sport) seperti saya review di artikel sebelumnya. Sebenarnya saya juga kadang menggunakan jaket full protector yang juga saya pesan custom di BeDa Sport, namun saat ini saya lebih nyaman dan pede menggunakan wearpack, hehe…

Wearpack (1)

Wearpack (1)

Racing gears (2)

Racing gears (2)

Bagaimana impresi wearpack ini saat digunakan trackday? Nyaman banget masbro & sista. Walaupun fit, namun tidak terasa kaku untuk manuver di track. Bahkan tidak terasa lelah atau terjepit pada bagian tubuh tertentu, pokoknya nyaman banget.

Racing gears (3)

Racing gears (3)

Racing gears (4)

Racing gears (4)

Racing gears (5)

Racing gears (5)

Nah, itu tadi dia gears yang saya gunakan untuk trackday. Saran saya pilihlah gears yang sesuai di badan dan nyaman untuk kita. Kalau tidak nyaman akan mengganggu fokus di track dan tentunya bisa berakibat crash donk, hehe…. Dan terutama, safety masbro & sista.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s