Review: Ban Corsa R93 di Yamaha YZF-R25 Untuk Trackday

Hola masbro & sista,

Sehubungan dengan hobi saya yaitu trackday, maka ban menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung hobi ini. Ban bawaan R25 standar yaitu IRC terasa kurang sip untuk diajak beraksi di sirkuit, untuk penggunaan harian masih oke. Salah satu merk ban yang masuk dalam pertimbangan saya adalah Corsa, dimana ada dua varian yang cukup menarik yaitu R46 dan R93. Keduanya menawarkan ban dengan soft compound. Saya coba hunting di kota saya, Samarinda sayang tidak dapat yang R46, akhirnya saya beli R93 sekitar 5 bulan lalu. Harganya sepasang Rp 1,050,000,- ukuran 120/60 dan 150/60.

Corsa R93 (1)

Corsa R93 (1)

Corsa R93 adalah produk yang cukup baru diluncurkan Corsa untuk pengguna yang hobi cornering.

Memiliki compound yang soft (lunak) ban ini diharapkan bisa membantu manuver di tikungan, dan memberikan ekstra grip saat speed cornering. Alur (groove) bannya sendiri cukup baik seperti ban kompetisi yang alurnya sedikit. Mungkin lebih ditujukan untuk track kering bukan basah. Lalu, bagaimana performanya di track?

Corsa R93 (2)

Corsa R93 (2)

Saya latihan di sirkuit Kalan Samarinda yang memiliki kontur berbukit dimana tikungan pertama tanjakan dan dua tikungan terakhir menurun. Sehingga performa ban benar-benar disiksa, apalagi kontur aspalnya ada beberapa bagian yang bumpy (bahkan cukup mengerikan, hehe). Di lap-lap awal saat merebahkan motor di tikungan pertama yang menanjak, dari kecepatan sekitar 135 km/jam turun ke gigi 2 ban ini cukup memberikan grip untuk melibas tikungan dengan aman, ngga ada gejala ngesot. Masuk ke tikungan 2 yang lambat juga masih aman. Dan untuk melibas tikungan 3 dengan rolling speed motor masih bisa dibawa nurut. Di chicane sebelum tikungan terakhir harus hard braking, ban depan terasa kurang solid namun masih dalam kontrol menurut saya.

Corsa R93 (3)

Corsa R93 (3)

Setelah penggunaan sekitar 10 lap, gejala ban seperti sliding mulai terasa terutama masuk tikungan pertama setelah trek lurus. Ban seperti kehilangan grip dan sulit mengembangkan speed di tikungan, ban seperti licin. Kondisi track saat itu cukup panas terik. Saya coba untuk istirahat sejenak, namun setelah dipakai ke track lagi gejala saat mulai dipakai beberapa lap kembali lagi. Ban ini terasa nyaman sebenarnya gripnya, namun entah kenapa seperti loyo saat digeber beberapa lap.

Di kesempatan trackday selanjutnya kebetulan track diguyur hujan sehingga kondisi benar-benar basah. Dengan kondisi aspal basah dan masih hujan gerimis saya coba jajal ban Corsa R93 ini. Ban cukup bisa mengakomodir kecepatan optimal (sesuai skill rider) di track basah. Bahkan boleh dibilang lebih baik gripnya dibanding ban standar IRC yang didesain untuk segala kondisi. Gejala sliding saat ban mulai panas juga tidak terasa, namun tetap memiliki batasan mengingat alur ban yang sedikit tidak semaksimal ban khusus basah dalam membelah genangan air.

Kesimpulan :

Ban Corsa R93 ini memiliki grip yang bagus untuk cornering, baik di track kering dan masih bisa digunakan di track basah. Struktur ban masih rata-rata menurut saya, tidak terlalu istimewa dibanding ban standar. Mungkin sesuai harga yang masih terjangkau. Sedikit catatan hanya daya tahan grip saat digeber banyak lap. Ingat soft compound juga berarti cepat habis, kondisi ban saya sekarang selama 5 bulan pakai (untuk trackday dan latihan, non harian) sudah aus sehingga harus diganti. Untuk motor 250 cc rasanya masih perlu ditingkatkan terutama struktur ban dan daya tahan grip. Harga naik sedikit tidak masalah rasanya.

Next, saya mau coba pakai Corsa R46, yang review dari beberapa teman sehobi, sedikit lebih baik dibanding R93. Ditunggu ulasan selanjutnya ya masbro & sista.

Semoga bermanfaat.

Iklan

19 thoughts on “Review: Ban Corsa R93 di Yamaha YZF-R25 Untuk Trackday

  1. Permisi mas bro…
    saya mau nanya. Kalo motor byson buat dipake harian enaknya pake yg mana nih? Tapi sering juga sih di bawa turing2 corneringan gitu. Ane mau yg mantap buat nikung nih.. tapi velg.nya perlu di ganti juga gak sih? Ukuran std depan 2.50 blk 3.00 untuk velg.nya…mohon pencerahanya

    Suka

    • Tapi saran saya baiknya ambil ukuran yg sama atau hanya setingkat diatas ukuran standarnya, pilihan ban selain Corsa yang enak buat cornering dan harian misalnya FDR sport XT/XR ukuran 100/80 dan 130/70, pilih yg soft compound masbro…. kalo mau naik ukuran bisa IRC Fasti 1 yg slick ukuran 110/70 dan 140/70, sayangnya buat balap doank, tanpa alur soalnya, hehee….. ๐Ÿ˜€

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s