Test Ride All New CBR250RR : Merasakan Sensasi Riding Mode

Hola masbro & sista,

Mohon maaf sebesar-besarnya sebelumnya karena sudah sekitar 9 bulan tidak menelurkan artikel nih (udah melahirkan kalo ibu hamil ini, hehe…). Mengingat kesibukan di dunia kerja sehingga blog pribadi ini terbengkalai. Untuk riding dan sekedar trackday saja sudah jarang sekali. Namun beruntung hari minggu kemarin, saya dan rekan-rekan di komunitas Speed Freak Kaltim riding refreshing. Pada akhirnya berkesempatan juga menjajal satu motor sport yang lagi ‘happening’ banget yaitu Honda All New CBR250RR. Terima kasih banyak untuk saudara sekomunitas dan owner SRP Garage Samarinda, mas Mohammad Nofriansyah atas pinjaman motor barunya yang masih kinyis-kinyis.

Honda All New CBR250RR (1)

Honda All New CBR250RR (1)

Untuk unit milik mas Nofri ini sudah dimodifikasi sedikit, padahal masih kinyis-kinyis perawan banget, hehe…

Yang dilakukan penggantian antara lain ban sudah menggunakan Battlax S21, suspensi belakang Ohlins, dan knalpot R9 H2 titanium. Bukan masuk kategori ringan juga sih ini partnya, maksudnya harganya. Untuk modifikasi awal ini saja sudah bikin ngiler ya.

Lanjut, impresi awal melihat tampilan All New CBR250RR ini desainnya futuristik! Cita rasa Eropa dengan built quality khas motor Jepang, kombinasi yang bikin jantung berdegup tanda ingin memilikinya. Secara kasat mata kalau bodynya masih kurang lebih besarnya dengan 250 cc lain, hanya saja memang efek eye-catching dari tampilan moge look dengan suspensi depan upside down memang mempesona, seperti moge.

Honda All New CBR250RR (2)

Honda All New CBR250RR (2)

Kemudian test ride si CBR250RR. Saya mulai menungganginya dari riding dalam kota di Tenggarong. Set riding mode di ‘Comfort’. Katanya mode ini paling smooth powernya. Impresinya memang bukaan gas serasa biasa saja, tidak terlalu meledak-ledak, namun masih bisa buat wheelie. Riding di dalam kota dengan mode ini terasa nyaman karena respon gas yang halus. Saya pakai riding mode ini coba geber sampai full throttle ternyata di 9000 RPM keatas tenaga terasa flat, tidak naik signifikan. Wah surprised nih, riding modenya bekerja.

Honda All New CBR250RR (3)

Honda All New CBR250RR (3)

Lanjut gas mulai keluar kota menuju Samarinda, pindah mode ke ‘Sport’. Terasa sedikit perubahannya, respon gas lebih cepat, nafas mesin terasa panjang, power tetap mengisi di putaran atas. Tidak berlama-lama di mode ini saya langsung pindah ke mode ‘Sport +’. Oiya untuk pindah riding mode tinggal pencet saklar yang biasanya adalah posisi pass beam di holder kiri, nanti akan terlihat di speedometer pilihan riding modenya.

Honda All New CBR250RR (4)

Honda All New CBR250RR (4)

Di mode Sport + ini langsung terasa hentakan gasnya. Pelintir grip gas dikit powernya keluar, gampang naiknya. Redline di 14,000 RPM namun pindah gigi enaknya di 13,000-13,500 RPM, IMHO. Karakter di mode Sport + ini sungguh luar biasa apalagi setelah merasakan dua riding mode dibawahnya. Terasa meledak-ledak powernya (hanya ganti knalpot dan belum setting apapun). Kebetulan saya memiliki motor 250 cc lain, yang dalam kondisi standar memang si CBR250RR ini istimewa. Handlingnya luar biasa (saya tidak berlebihan) mungkin salah satu faktornya ban dan suspensi belakang yang sudah diganti, namun basically terasa bahwa motor ini memang luar biasa dari lahirnya.

Honda All New CBR250RR (5)

Honda All New CBR250RR (5)

Honda All New CBR250RR (6)

Honda All New CBR250RR (6)

Suspensi upside down depan juga terasa menyumbang performa cukup baik untuk handling. Stiff, namun kalau rebound bisa disetting lebih lambat pasti lebih enak lagi buat di track, namun overall more than enough. Dari segi handling dan agility memang tidak ada komplain untuk motor ini, saya bisa bilang ready to trackday dengan motor ini.

Kesimpulannya, merasakan sensasi fitur yang termasuk baru di kelas 250 cc yaitu riding mode memang mengasyikkan. Saya awalnya apatis dengan fitur ini yang mungkin tidak berguna, tapi yakinlah setelah mencobanya saya akan bilang terima kasih Honda sudah menambahkan fitur ini. Saya rasa walaupun banderol harga All New CBR250RR diatas kompetitornya di kelas yang sama, namun dengan segala fitur dan kelebihannya it is worthed. Bakal cukup keras ussaha kompetitor untuk membendung si ‘Baby RR’. Terima kasih banyak untuk supportnya mas Nofri, team Speed Freak Kaltim, dan SRP Garage untuk kesempatan mencoba motornya, dan riding menyenangkan setelah suntuk bekerja.

Semoga bermanfaat.

Honda All New CBR250RR (7)

Honda All New CBR250RR (7)

Honda All New CBR250RR (8)

Honda All New CBR250RR (8)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s