Membangun Motor Supermoto Oleh Hnd24motobike Blog (Bagian 1)

Hola masbro & sista,

Ini adalah proyek membangun motor sendiri yang ketiga sebenarnya oleh Hnd24motobike Blog, setelah F1ZR Trail Adventure (ada di artikel lama) dan Megapro Japstyle (belum dibuat artikel). Basis motornya adalah Honda Megapro keluaran 2009, yang sebelumnya sudah saya modifikasi jadi model Japstyle, namun hanya sebentar saja langsung terpikir untuk dijadikan Supermoto, hehe… Nah, basis Megapro sendiri saya pilih karena mesin tipe ini mudah dicari spare partnya dan pas untuk pemula seperti saya.

Honda Megapro Supermoto (1)

Honda Megapro Supermoto (1)

Tidak seperti F1ZR yang dulu dimana saya menggunakan rangka bawaan motor untuk dimodifikasi, di Megapro ini saya memesan rangka Custom model KLX150 di bengkel Bat MX, Probolinggo.

Namun rangka ini tidak langsung PNP di mesin Megapro, akhirnya saya harus sesuaikan ulang mounting pemegang mesin. Terutama mounting bawah depan dan bawah belakang harus dibuat ulang dari plat setebal 5 mm yang dilas ke rangka. Setelah fitting engine beres langsung sesuaikan pipa leher knalpot di rangka ini.

Honda Megapro Supermoto (2)

Honda Megapro Supermoto (2)

Kemudian saya pasang swing arm custom model KTM untuk KLX150. Dan kaki-kaki seperti shock depan upside down serta velg dan ban juga saya beli.

Honda Megapro Supermoto (3)

Honda Megapro Supermoto (3)

Setelah kaki-kaki terkumpul saya mulai fitting ke rangka. Oiya, kaki-kakinya memang untuk KLX150, seperti shock upside down merk Ride It untuk KLX150, tromol dan cakram depan belakang merk Wilwood juga untuk KLX150. Sedangkan velg saya pakai merk Rossi tipe ‘XD’ ukuran 2,50×17 dan 3,00×17 serta ban FDR Sport XR Evo ukuran 100/80 dan 120/70.

Honda Megapro Supermoto (4)

Honda Megapro Supermoto (4)

Shockbreaker belakang saya pakai merk Xbreak yang bisa disetel preload dan reboundnya. Sedangkan link unitrack pakai custom dengan bearing model KLX150.

Honda Megapro Supermoto (5)

Honda Megapro Supermoto (5)

Untuk body set saya pakai merk Gordon’s untuk KLX150. Saya suka body set ini karena modelnya yang mirip special engine KX250F juga tangki model transparan sehingga bisa memantau langsung kondisi bensin. Body set ini juga kuat dan lentur, karena memang didesain untuk ketahanan.

Honda Megapro Supermoto (6)

Honda Megapro Supermoto (6)

Honda Megapro Supermoto (7)

Honda Megapro Supermoto (7)

Sedangkan untuk penyalur tenaga mesin ke roda saya pakai gear set merk SSS ukuran 15-45 dan rantai heavy duty 428H merk SSS juga.

Honda Megapro Supermoto (8)

Honda Megapro Supermoto (8)

Honda Megapro Supermoto (9)

Honda Megapro Supermoto (9)

Nah, sementara itu dulu membangun Supermoto sendiri oleh Hnd24motobike Blog. Berhubung masih ada part-part yang kurang seperti bushing roda, kelistrikan, dan perangkat pengereman. Nanti kalau sudah lengkap semua dan selesai dirakit serta dites jalan akan saya update di artikel selanjutnya. Terima kasih masbro & sista sudah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan

One thought on “Membangun Motor Supermoto Oleh Hnd24motobike Blog (Bagian 1)

  1. Ping-balik: Membangun Motor Supermoto Oleh Hnd24motobike Blog (Bagian 2) | HND24MOTOBIKE BLOG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s